Rabu, 20 April 2011

Pengalaman saya dengan RUBIK's Cube

Rubik adalah sebuah permainan puzzle berbentuk kubus yg benar2 membutuhkan konsentrasi penuh untuk menyelesaikannya, ada banyak sekali macam Rubik, mulai dari Rubik 2x2x2, 3x3x3, 4x4x4, 5x5x5, 6x6x6, 7x7x7, dst. Serta adapula yg berbentuk selain kubus seperti Pyraminx (berbentuk limas segitiga), Megaminx, Mirror Cube, Magic Cube, Master Magic, Square-1 dan masih banyak bgt. Untuk menyelesaikan sebuah Rubik 3x3x3 (Rubik yg standard) saya tidak butuh waktu 1 menit, paling sekitar setengah menit saja cukup bahkan kurang dari itu. Untuk belajar Rubik dulu saya menghabiskan waktu 1 minggu untuk belajar hingga benar2 paham. Akhirnya saya mencoba untuk menyelesaikan Rubik saya tanpa melihat panduan dan menggunakan Timer (alat untuk mencatat waktu) dan saya pun pertama kali menyelesaikan Rubik tercatat 3 menit setengah. Lalu akhirnya saya belajar untuk lebih cepat dan mempelajari cara2, trick2 & algoritma Rubik agar kita bisa menghemat waktu untuk menyelesaikan sebuah Rubik. Banyak orang berpikiran menyelesaikan Rubik dengan menjadikan salah satu sisi dulu lalu diteruskan sisi selanjutnya hingga semua sisi terselesaikan padahal TIDAK, sebenarnya menyelesaikan Rubik dengan tahap menyusun Layer per Layer (tingkat per tingkat) mulai dari tingkat yg paling dasar sampai ke tingkat yg paling atas. Banyak sekali cara untuk menyelesaikan Rubik dengan super cepat, Anda bisa membeli buku panduannya di toko terdekat :D
Di kota Madiun sendiri kami memiliki sekumpulan pemuda yg hobi & berbakat bermain Rubik, mulai dari SMP hingga anak kuliahan, kami memberi nama komunitas Rubik kami dengan Madiun Cuber Community yg diketuai oleh teman saya Fandy Ramadhan & wakilnya Vio Etanntyo Hafizh. Rata2 semua bisa bermain dibawah 1 menit.
Untuk saya sendiri waktu tercepat saya bermain Rubik 2x2x2 yaitu 3 detik, rata2 masih 9 detik, untuk yg Rubik 3x3x3 tercepat saya yaitu 21 detik, rata2 masih 27 detik, dan untuk yg Rubik 4x4x4 masih 3 menit lebih (maklum baru bisa saya :D) serta Rubik Pyraminx tercepat saya 13 detik, rata2 masih 20 detik. Mungkin bagi anda waktu tersebut amatlah cepat tapi padahal waktu tersebut termasuk lama jika dilombakan. Beri tepuk tangan untuk Saya. :D
Ada bermacam2 cara bermain Rubik ada yg pakai tangan 2, ada yg hanya pakain 1 tangan saja, ada yg pakai kaki, ada juga yg dengan Mata Tertutup (BlindFolded).
Untuk macam2 cara memainkan rubik anda bisa baca posting saya yg ini: http://ypratama.blogspot.com/2011/01/macam-permainan-rubiks-cube.html
Sekian pengalaman saya Terima Kasih,, Happy Cubing... ^^

Logo Madiun Cuber Community
Komunitas MCC

Tidak ada komentar:

Posting Komentar