Selasa, 11 Januari 2011

Macam Permainan RUBIK's Cube

Tahukah Kamu?
Ada beberapa jenis permainan Rubik yang dapat dimainkan dengan menyenangkan bersama rubikmu.
Saya akan menjelaskan satu per satu:


1. Speedcubing.
Permainan ini merupakan jenis permainan yang paling umum, yakni menyelesaikan keenam sisi dari rubik yang teracak secepat mungkin.

2. Speedcubing with feet.
Sama dengan nomor 1, bedanya adalah baik preinspection maupun ketika solving, peserta diharuskan menggunakan kaki.

3. One Handed (OH).
One handed cubing mengharuskan peserta menyelesaikan rubik’s cube secepat mungkin hanya menggunakan satu tangan. Peserta diperbolehkan mengunakan tangan kiri maupun kanan.

4.Fewest Move (FM).
Dalam fewest, siapa yang bisa menyelesaikan rubik yang teracak dalam gerakan yang paling sedikit, dianggap sebagai pemenangnya. Pada umumnya peserta diberikan kode untuk mengacak Rubik’s cube dan menulis notasi gerak untuk menyelesaikannya dalam durasi satu jam.

5. Blindfolded.
Dalam Blindfolded, kita menyelesaikan Rubik dengan mata tertutup. Waktu yang dihitung termasuk waktu untuk merencanakan dan mengingat warna rubik sesaat sebelum mata ditutup.

6. Team Blindfolded.
Permainan ini melibatklan 2 orang. Satu orang yang mengendalikan Rubik dengan mata ditutup sementara satu yang lainnya memberitahukan gerakan-gerakan dengan mata terbuka tanpa boleh menyentuh Rubik.

7. Assembling into solved state.
Ini adalah permainan menyusun rubik secara cepat. Rubik dibongkar menjadi 21 bagian (1 core&center, 8 corners, 12 edges) dan disusun secepat mungkin menjadi kondisi solved (seluruh sisi memiliki warna yang sama). Tetapi sebaiknya jangan melakukan permainan ini karena dapat merusak rubik anda.

8. Blindfolded One-handed.
Ini adalah gabungan dari nomor 3 dan 5. Waktu dimulai saat anda pertama kali mengobservasi Rubik dan sebelum anda mulai memutarnya mata anda harus ditutup. Jika anda menguasai One handed dan BLD, menggabungkannya tidak akan terlalu sulit.

9. Scrambling a cube.
Dalam permainan ini anda akan diberi 25 notasi gerak untuk mengacak Sebuah Rubik’s cube. Siapa yang paling cepat selesai tanpa kesalahan, dialah pemenangnya.

10. Team solving.
Dimainkan oleh 2 orang (atau lebih) hanya dengan 1 rubik. Tujuannya adalah menyelesaikan Rubiks cube secepat mungkin dengan satu gerakan per orang.


Ini 2 foto saya saat bermain rubik bersama temen2.



























(klik gambar utk memperbesar)

1 komentar: